Berkunjung ke SMK PGRI 2 Kudus, Ini Sekolah Atau Restoran Mewah?

 

Don’t judge a book by it’s cover !!

Ya, ini adalah mutlak saya temukan saat berkunjung ke salah satu sekolah menengah kejuruan di Kudus pada Rabu 4 Desember 2023 kemarin.

Memang, tak hanya mengunjungi Singapore Intercultural Schools (SIS) yang terletak di kawasan Tembalang di Kota Semarang, di hari yang sama saya bersama Ibu Capri Anjaya beserta 10 guru dari Safin Pati Sports School juga berkesemoatan mengunjungi SMK PGRI 2 Kudus.

Setelah sempat berputar-putar di Kota Kudus, maka sampailah saya dan rombongan ke sekolah yang letaknya di tepi jalan raya menuju Jepara, tepatnya di kawasan Kedungdowo, Kaliwungu, Kabupaten Kudus.

Memasuki gerbang sekolah, jujur, saya sempat berpikir “Apa yang istimewa ya dari sekolah ini?” 


Sebuah pemikiran yang muncul saat saya melihat fisik bangunan sekolah yang saya pikir tak jauh beda dengan mayoritas bangunan sekolah pada umumnya. Apalagi beberapa jam sebelumnya, saya dan rombongan baru saja mengunjungi sebuah sekolah internasional dengan atmsofer Eropa.

Setelah disambut sang kepala sekolah, Bapak Mustam Effendi, beliau kemudian mengajak tim Safin Pati Sports School berkeliling sekolah. Memasuki lantai dasar gedung yang bagian atas tertulis “Jiva Bestari” suasana sekolah belum terlalu banyak berubah meski “kejutan kecil” sudah mulai muncul.

Suasana bak café mungil menyelimuti saya dan tim yang kemudian kami memasuki kitchen tempat praktek siswa sekolah ini. Beragam peralatan dapur nan lengkap khususnya untuk produksi roti dan kue terbentang. 

 

Decak kagum akan fasilitas sekolah ini makin terasa saat kami diajak naik ke lantai atas. Menginjakkan kaki di deretan anak tangga yang juga sudah mulai menghadirkan atmosfer yang berbeda.

Nuansa kemewahan dengan suasana elegan balutan dinding berwarna abu-abu gelap dan lampu yang menyoroti tiap anak tangga yang juga berwarna gelap dan cermin berukuran besar menghadirkan kemegahan tersendiri.

Dan akhirnya, kejutan sesungguhnya kemudian terbentang. Sebuah pemandangan yang tak terbayangkan berada di sebuah sekolah yang secara fisik bagunannya biasa saja dari luar. Suasana restoran mewah ternyata ada di sekolah ini.

Ya, sebuah resto berkonsep Fine Dining terbentang di ruangan yang ada. Jika kita searching di mesin pencari google, Fine dining berarti sebuah restoran mewah yang menghidangkan makanan berkualitas tinggi dan lebih mengutamakan pelayanan pada tamu.

Hebatnya lagi, ternyata resto ini dijalankan sepenuhnya oleh siswa SMK PGRI 2 Kudus sendiri. Bagaimana dengan pelayanannya? Meski masih berstatus siswa, namun juga terasa layaknya layanan resto mewah sungguhan atau hotel berbintang.

Saya dan rombongan juga sempat menikmati sajian dan layanan istimewa pada kunjungan ini. Ditemani sang kepala sekolah dan para guru, saya dan rombongan menikmati menu-menu yang termasuk jadi andalan Jiva Bestari. 


 

Dimulai dengan hidangan pembuka, yakni sosis Solo, lalu dilanjut garang asem, sate wagyu dan sebagai penutup ada kue klepon yang tengah tren karena bentuknya yang tidak seperti bola tapi layaknya kue tart. Untuk minuman, ada pilihan teh Jawa hangat atau es teh yang segar juga infus water yang menyehatkan.

Jangan ditanya rasanya. Meski saya dan rombongan sekitar 2 jam sebelumnya baru saja menyantap nasi dan 10 tusuk sate kambing, nyatanya semua menu yang disajikan tetap ludes !!

Bagaimana harganya? Dari sang penyaji yang juga siswa SMK PGRI 2 Kudus ini, saya dapatkan informasi jika empat menu dalam satu paket ini dibaderol cukup murah yakni Rp 75 ribu saja.

Tidak hanya itu, bergeser di sebelah resto berkonsep fine dining juga ada ruangan yang makin menambah takjub. Adalah ruang teater bak bioskop yang mewah ternyata juga ada di sekolah ini..!!


 

Deretan kursi dan meja yang ada di lantai bertingkat menghadap ke bawah dengan pandangan meja dan alat-alat masak untuk demo cara memasak dan penyajiannya. Keren lagi karena dibagian depan atasnya muncul layer yang menghadirkan visual sang chef di depan.

Dari informasi yang ada, beragam fasilitas wow ini tak lepas dari peran binaan perusahaan asli Kudus lewat Djarum Foundation yang nilainya.

Ini tentu kolaborasi yang luar biasa antara sekolah dan perusahaan lokal untuk kemajuan putra daerah yang sangat terbuka kemungkinan suatu hari nanti akan mengharumkan nama Indonesia.

Begitu juga Safin Pati Sports School yang memiliki sejumlah fasilitas terbaiknya untuk para siswa, tentu punya mimpi untuk melahirkana atlet khususnya pesepakbola yang mampu berkontribusi untuk timnas Indonesia atau klub-klub dalam dan luar negeri dan mengharumkan nama bangsa.

Salam..

Komentar

  1. Dengan memaksimalkan fasilitas dan usaha kemungkinan output yang dihasilkan akan maksimal. Tetap semangat.

    BalasHapus
  2. Saya salfok tulisannya dah feature banget niii, bagus bangett...dan tetap ada promosinya juga 😅😆

    BalasHapus

Posting Komentar